Laman

Kamis, 26 Januari 2012

Happy Ferdian on Fashion: Indonesian Fashion Ad Campaign

Industri mode tanah air kini semakin memperlihatkan tajinya, terbukti dengan semakin banyaknya desainer-desainer berbakat yang muncul ke permukaan. Ajang-ajang presentasi koleksi rancangan mereka pun semakin banyak dihelat seperti Jakarta Fashion Week dan Jakarta Food & Fashion Festival. Arah industri mode tanah air juga mulai condong ke produksi pakaia siap pakai, dan kualitas yang dihasilkan pun semakin bersaing dari hari ke hari. Konsumen mode lokal pun kian bertambah hingga membuat banyak desainer mulai percaya diri untuk mengeluarkan kampanye iklan seperti yang biasa dilakukan oleh industri mode dunia untuk memasarkan produk mereka. Tak tanggung-tanggung, kualitas visual iklan-iklan para desainer lokal ini juga tiak kalah canggihnya dengan kampanye iklan mode internasional yang biasa muncul di majala dan billboard. Berikut beberapa kampanye iklan fashion tanah air terbaik menurut penilaian saya. Enjoy!

1. Sapto Djokokartiko
Ini adalah kampanye iklan dari desainer muda Jakarta yang pernah di tahun 2010 dan dimuat di salah satu edisi majalah Harper's Bazaar Indonesia. Konsepnya sangat artistik sekali, membuat saya sempat mengira bahwa ini adalah iklan brand mode baru dunia.



2. Sabbatha
Sabbatha merupakan merek tas dan aksesoris premium hasil rancangan Sabbatha Rahzuardi, desainer mode asal Bali, yang namanya sudah mulai berkibar di berbagai belahan dunia dari Asia hingga Eropa. Iklannya sangat internasional sekali dengan pemilihan model, fotografi serta desain yang modern dan gaya. Excellent!
3. (X).S.M.L.
Merek retail busana rancangan Musa Widyatmadja ini sebenarnya sangat menarik dan bercita rasa internasional tanpa melupakan akar Indonesia. Namun sayangnya, hampir sulit sekali menemukan kampanye iklan ini yang murni iklan fashion, kebanyakan yang muncul di media merupakan iklan sale merek ini yang bekerjasama dengan berbagai institus keuangan. Hanya satu iklan ini saja yang menurut saya paling menarik.

4. Kle
Simple yet chic adalah penggambaran yang tepa untuk merek fashion lokal besutan desainer muda, Kleting Titis Wigati. Mengambil setting di flagship store-nya di Level One, Grand Indonesia Shopping Town, East Mall. Menurut Saya, ini sudah sangat menggambarkan semangat desain Kle yang modern dan bersih.

5. Nikicio (collection of 2009)
Salut untuk keberanian label milik desainer muda berbakat, Nina Nikicio, dalam menghadirka konsep modern yang berani. Sekilas kita sulit percaya bahwa ini adalah iklan mode desainer lokal, namun jika melihat sepak terjangnya, saya pantas mengacungi jempol untuknya.

6. Danjyo Hiyoji
 Merupakan pemain baru di industri mode Indonesia yang langsung disukai oleh banyak fashionista tanah air. Konsep desainnya selalu segar dan berjiwa muda, begitupun kampanye iklannya, sangat muda dan menyenangkan untuk disimak. Merek yang digawangi oleh tiga kolaborasi desainer muda, Rama Dauhan, Dana Maulana dan Liza ini selalu aktif menghadirkan kampanye-kampanye iklan untuk rancangan mereka di jejaring sosial, media digital dan cetak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar