Laman

Senin, 23 Januari 2012

Happy Ferdian;s Video: Bodoh Sekali Video Musik Ini!

Awal tahun ini saya sempat iseng-iseng menonton video musik terbaru dari artis-artis internasional di Youtube, dan channel favorit saya adalah Vevo channel. Banyak yang keren-keren, yang paling saya suka adalah comeback-nya Justin Timberlake dengan lagu berjudul "Freesol" yang digarap bareng his partner-in-crime, Timbaland dan grup band hip-hop baru bernama Fascinated. Liriknya sangat-sangat sederhana, bahkan cenderung nggak penting karena cuma membicarakan tentang omongan ngalor-ngidul, bahwa kita bisa bebas ngomong apa aja. Tapi musik dan ritmenya sangat menyenangkan untuk didengar, rasanya saya menjadi keren sekali ketika mendengarnya, lho?
Anyway, balik ke topik awal dimana saya akan memperlihatkan tiga video musik terbaru yang saya nilai sangat bodoh untuk ditampilkan. Ketiga video ini menurut saya terlalu mengumbar sensasi visual semata tanpa memperhatikan esensi dari lagu yang dibawakannya. Berikut tiga video yang saya maksud tersebut:

1. Nicki Minaj - Stupid Hoe
Sangat-sangat bodoh sekali video ini, tadinya berisi kritikan pada perempuan-perempuan murahan yang selalu mencari cara tampil seksi memikat dan menjadi incaran kaum adam. Liriknya menekankan bahwa dirinya tidak akan sebodoh itu untuk menjadi perempuan pemikat, tapi video klipnya justru memperlihatkan bahwa ia termasuk di dalam golongan perempuan murahan ini. Gaya Nicki Minaj memang unik tapi semakin kesini dia semakin mengumbar keseksian tubuhnya, begitupun di video klip ini. Pesan yang disampaikan pun menjadi rancu, sama seperti kasus video klip Stupid Girl yang dinyanyikan oleh Pink di awal 2000-an, mengkritik praktek pembodohan perempuan namun video klipnya justru condong memperlihatkan bahwa ia juga merupakan gadis bodoh itu sendiri. 

2. Lady Gaga - Marry The Night
Jika saja video klip ini bukan untuk lagu Marry The Night yang begitu inspiratif, saya sih merasa sah-sah saja dia tampil telanjang total. Tapi sangat tidak setuju ketika lagu yang inspiratif sebagai pembangkit semangat ini justru ditampilkan dengan visualisasi vulgar. Apakah ketika mendapatkan kegagalan dan berusaha untuk bangkit guna kembali meraih sukses harus divisualisasikan dengan adegan stress hingga menari-nari tidak jelas sambil bertelanjang? Biarpun miss Gaga selalu diidentikan dengan ciri khas nyentrik tapi setidaknya perlu dipikirkan juga "nyentrik" yang akan ditampilkan. Sangat disayangkan ketika penampilan nyentrik yang cerdas di awal2 kemunculannya kini tidak hampir tidak pernah terlihat, justru lebih sering terlihat ia senang tampil polos tanpa helaian benang. Disini saya hanya menilai video klipnya saja yang bodoh, tapi untuk lirik dan pesan lagu Marry The Night sendiri sepenuhnya saya suka karena begitu isnpiratif untuk membangkitkan semangat.

3. Beyonce Knowles - Dance For You
Pesan yang disampaikan dalam video ini sebenarnya sudah pas bahwa seorang perempuan ingin memberikan tarian terbaik untuk pria yang sangat dicintainya, namun lagi-lagi visualisasinya kelewat bodoh menurut penilaian saya. Pada saaw pertama kali mendengar lagu ini di radio, saya langsung jatuh cinta dengan lirik dan ritmenya dan saya langsung membayangkan Beyonce akan menari dengan sangat manis untuk menunjukkan rasa cintanya pada pria yang telah mencintainya dengan sepenuh hati, singkatnya ini sebagai hadiah terima kasih. Namun ketika video musiknya resmi diluncurkan, saya kaget sekali mendapati bahwa tarian yang ditampilkan sang diva asal New York ini malah mirip tari striptease. Iya saya tau sekali kalau Beyonce sangat membanggakan tubuhnya curvy sexy-nya, tapi nggal selamanya tarian seksi itu cocok untuk lagunya. Malah saya dulu mengira Beyonce akan  menari balet untuk lagu ini, tapi ternyata tidak. Saya kecewa melihat video musiknya, walaupun jujur beberap adegan tarinya cukup merangsang juga, oops!
In short, ketiga video klip ini hanya mengandalkan sensualitas belaka, padahal pesan di masing-masing lagunya sangat bagus sekali. Seandainya saja video klipnya terkonsep baik sesuai dengan tema lagunya, pasti akan menjadi komposisi video musik yang seru. Yang perlu diingat adalah bahwa penikmat musik dunia tidak selamanya suka dengan tampilan sensual dari para diva dunia, yang paling utama adalah bagaimana musik tersebut dapat diterima dengan nyaman di telinga. Jika berbicara video musik pun, pasti banyak orang yang juga berharap sama seperti saya untuk mendapatkan kualitas video musik yang menarik dan cerdas.

4 komentar:

  1. Hai Happy :)
    Cuman pengen nyanggah aja, well this's the first time for me to read ur writing works.

    Pertama, soal Stupid Hoe nya Nicki Minaj dan Stupid Girl nya Pink!. Mungkin memang inti dari lirik lagu masing-masing adalah sebuah sindiran untuk perempuan murahan yang bodoh, dan dalam klip video tersebut mereka malah merepresentasikan diri sebagai "tokoh bodoh" tersebut. Terlintas sangat kontras dengan liriknya.
    Namun, jika dilihat dan dipahami ulang, menurut saya ini merupakan video absurd yang sangat menyindir. I mean: sangat dalem. Dengan mengambil sudut pandang sang pembuat video, Pink dan Minaj, dapat diambil kesimpulan bahwa tujuan mereka adalah menganalogikan "seperti apa sih yang mereka sebut "stupid hoe" atau "stupid girl" itu hingga mereka bermaksud untuk menyindir?". Jadilah mereka harus merepresentasikan tokoh bodoh itu dengan dirinya sendiri. Melalui stupid-act nya Pink, kita jadi tahu bahwa "stupid girl" yang dimaksud adalah cewek yang bertingkah ca-per dan car-muk agar para cowok. Caper dan carmuk disini dianggap Pink sangat bodoh dan useless. Karenanya, Pink merepresentasikan tokoh bodoh tersebut dengan sudut pemahamannya tersebut dengan dirinya. Hal ini dapat menjadi sindiran berat, karena Pink sangat menjiwai peran bodohnya dan kita sebagai penonton secara tidak langsung akan "jijik" melihat tingkah polah bodoh tersebut. Begitu juga dengan yang dilakukan oleh Minaj, tokoh bodoh yang hanya bisa mengumbar tubuh diliriknya itulah yang ia representasikan. Sangat pas juga sebab Minaj kebetulan memiliki tubuh yang seksi sehingga tidak susah untuk Minaj menggambarkannya.

    Kedua, soal video Beyonce yang Dance for You. Menurut saya ini bukanlah "hanya" mengenai tarian untuk seseorang yang dicintainya. Jika dilihat lagi, ini memang merupakan "tarian malam". Dilihat dari liriknya mulai dari "tonight I'm gonna dance for you..." dan seterusnya bisa dilihat ini tarian sensual pengantar (entah) make love :-P
    Dan setting liriknya yang berkata "malam" sudah cukup menunjukkan cluenya. Lagipula ending dari dance di klip ini juga tidak terlalu seksi, hanya gerakan dance berlebihan saja. Beyonce yang memiliki sexy curve body juga mempengaruhi. Kita tahu sendiri biasanya artis2 yang berbadan cukup bagus dan seksi seperti Nicki Minaj, Mariah Carey, Britney Spears, atau Beyonce, bahkan Agnes Monica pun, cenderung akan agak menunjukkan bagian terindah tubuhnya itu, karena bagi wanita itu adalah asetnya, dan mereka bangga mempertunjukkan itu, apalagi kepada para pria. Tidak dapat dipungkiri, pria mana yang tidak suka suguhan indah dari wanita? Seperti rambut adalah mahkota tubuh, maka those sexy curve akan berlaku sama.

    Hanya mengutarakan opini ya Happy :)
    Thanks, correct me if I'm wrong!

    BalasHapus
  2. Iyuuuutttt yang manis, sebelumnya thanks banget udah mau menyempatkan baca artikel di blog gue, makash juga untuk masukan dan kritikannya.

    Well, itu emang pendapat pribadi gue sih, jadi ya gue tulis apa adanya. Untuk komentar elo tentang video klip Nicki Minaj "Stupid Hoe", gue pikir alasan elo cukup masuk akal. Setelah gue pikir-pikir sih memang benar yang elo bilang kalau MInaj ataupun Pink memang sengaja merepresentasikan lagu yang yang mereka nyanyikan. Tapi kalau untuk Pink sih gue masih terima, kalau buat Minaj, gue terima vokalnya aja. Menurut gue, sama aja sih dia mengkritik perempuan murahan tapi tampilan dia di publik juga rata-rata seperti itu.

    Secondly, untuk lagu Dance For You, gue tetap keukeuh kecewa sama visualisasinya, gimana ya, tadinya berharap liat dia menari manis, tapi jadinya kayak nonton striptease. Entahlah kalau memang tujuannya untuk memulai make love atau apalah, tapi gue jujur jadi ilfil aja gitu lihatnya. Ini merupakan satu-satunya video Beyonce yang bikin gue kecewa.

    Anyway, sekali lagi thanks banget udah mau berkomentar dan berkunjung ke blog gue.

    Thank you Iyuuuuuutttttt!!!!!!!!

    BalasHapus
  3. gue juga agak kecewa ya sama video Beyonce yg satu ini, karena sebelumnya gue bayangin kalo dia bakalan ngajak si pria untuk nari suatu tarian yang elegan bareng

    BalasHapus
  4. Well, thank you banget untuk Kharismawrdhani yang udah mau mengunjungi blog ini.

    Gue sependapat sama elo, untuk beberapa hal keseksian Beyonce harus perlu dipikirkan dulu kalau mau dipertontonkan kepada publik.

    BalasHapus