Laman

Selasa, 24 Januari 2012

Jakarta Oh Jakarta: Gedung Pencakar Langit Favoritku.

Sama seperti banyak negara berkembang lainnya, peningkata pertumbuhan ekonomi tentunya akan dibarengi dengan pertumbuhan kota-kota besar menjadi sebuah metropolitan, tak terkecuali Jakarta. Ibukota negeri kita tercinta ini kian hari kian disesaki oleh bermunculannya gedung-gedung pencakar langit sehingga membuat tampilannya kian megah. Namun sayang, penyebaran gedung-gedung tinggi di Jakarta tidak merata, malah membnetuk kantong-kantong downtown sendiri. Kalau saja deretan gedung pencakar langit ini diatur dengan rapi, pasti Hong Kong dan New York bakalan punya saingan baru. By the way, postingan kali ini saya akan menampilkan gedung-gedung tinggi di Jakarta yang menjadi favorit saya karena bentuknya yang unik dan mencolok. Enjoy!

1. Menara BCA
Hingga saat ini, Menara BCA masih menempati gedung tinggi dengan jumlah lantai terbanyak yaitu 54 lantai. Terletak tepat di depan Bundaran HI menjadikan lokasi gedung ini tergolong premium. Terlebih Menara BCA adalah bagian dari superblok Grand Indonesia yang didalamnya terdapat Hotel Indonesia Kempinski, Grand Indonesia Shopping Town dan Kempinski Apartment, membuat harga propertinya sangat mahal dan prestisius.

2. Bakrie Tower
Menjadi perlambang kesuksesan Bakrie group sebagai perusahaan papan atas Indonesia dan Asia Tenggara. Terletak di kawasan superblok Rasuna Epicentrum di Kuningan, Jakarta Selatan, gedung hampirdapat dilihat dari segala penjuru mata angin karena tampilannya yang sangat mencolok dengan desain liukan yang menggoda. 

3. Wisma BNI 46
Masih menjadi gedung pencakar langit tertinggi di Indonesia jika dihitung hingga tinggi tiang antenanya. Terletak di muka Jalan Jenderal Sudirman, gedung ini berada di kawasan Kota BNI yang didalamnya terdapat Hotel Shangri-La Jakarta. Bentuknya yang unik seperti ujung pulpen membuat gedung menjadi ikon Jakarta yang terkenal selain Monas. 

4. UOB Buana Plaza Jakarta
Desainnya sangat tidak bisa, berbentuk kotak puzzle yang tersusun acak dengan dominasi kaca warna biru tua yang segar. Terletak di kawasan Tosara, Jalan MH Thamrin, gedung menjadi salah satu yang sering dibicarakan dan dijadikan latar foto bagi warga Jakarta. 

5. Da Vinci Tower
Melihatnya, mengingatkan saya pada gedung-gedung megah di kawasan Fifth Avenue di Manhattan, New York City. Bentuk sangat Eropa dan klasik, membuatnya menjadi pemandangan yang mencolok setiap kali melintas Jalan Jenderal Sudirman menuju arah Bundaran HI.

6. Menara Tempo
Ini adalah gedung yang baru saja diresmikan pada akhir 2011 kemarin dan terletak di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Bentuknya sebenarnya sangat sederhana, namun garis-garis vertikal yang mengelilingi gedung ini sangat unik karena polanya sedikit miring dan membentuk alur yang ajaib.

7. Wisma Mulia
Gedung yang berada di Jalan Jenderal Gatot Subroto ini merupakan salah satu dari daftar 10 gedung tertinggi di Jakarta. Desain gedungnya sih menurut saya biasa-biasa saja, tapi mendadak menjadi sangat keren ketika melihat gedung ini dari arah timur yaitu dari arah Cawang, siluetnya sangat-sangat super, apalagi jika melihatnya saat matahari terbenam, super!

8. The Landmark at Dukuh Atas
Gedung yang menjadi pernah menjadi kantor si perampok seksi Melinda Dee ini merupakan gedung yang sering muncul di berbagai iklan dan film yang menggambarkan kosmpolitan Jakarta. Desainnya sederhana namun mampu terlihat sangat urban, apalagi jika jumlah lantainya lebih tinggi lagi, pasti sekilas akan mirip WTC Tower yang dulu pernah ada di New York City. Kedua gedung ini akan sangat tampak keren apabila dilihat dari atas jembatan Kuningan.

3 komentar:

  1. hallo mas,
    Wah bagus sekali informasinya, terimakasih ya?
    kebetulan saya lagi mencari informasi tentang gedung terinngi di Jakarta.

    BalasHapus
  2. hai juga mas, sebelumnya thanks banget udah mau berkunjung, ini sekedar pengamatan aku aja sih, sama-sama masih belajar.

    salam,
    Happy Ferdian

    BalasHapus